Senin, 02 Mei 2011

Tip Memulai Bisnis Sendiri

Aku yakin diantara kita banyak sekali yang ingin berbisnis. Meskipun kita sudah kerja sebagai pegawai perusahaan ataupun sebagai PNS, hasrat untuk memulai usaha terkadang sangat menggebu. Alasannya sangat rasional, untuk mencari uang tambahanlah, untuk mencukupi kebutuhan hidup yang semakin meningkat atau hal-hal lain yang mendorong kita memutuskan membangun bisnis sendiri. Apalagi kalau gaji kita pas-pasan, pasti keinginan itu sangat besar.

Lagian berbisnis adalah pekerjaan mulia. Selain bisa mencukupi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga, kita juga bisa membuka lowongan pekerjaan baru bagi mereka yang membutuhkan. Tentu ini sangat mulia, karena kita bisa membantu banyak orang bahkan bisa meringankan beban pemerintah yang memang sudah berat. Ingat aja, bahwa bangsa yang besar itu dibangun dari kemandirian. Kemandirian Negara dan kemandirian masyarakatnya. Dan itu bisa dilakukan jika masyarakat suatu Negara itu memiliki jiwa entrepreneurship yang kuat.

Nah, kita yang sangat berkeinginan membangun usaha sendiri, ada baiknya menyimak tip-tip yang diberikan oleh NOVA berikut ini. Sangat bagus sebelum kita memutuskan bisnis apa yang harus kita kerjakan. Check it out!

1. Mulailah dari yang kita senangi. Banyak orang yang berhasil dalam bisnis berawal dari hobi atau minat. Misalnya, ada yang menekuni bisnis rumah makan karena memang mempunyai hobi makan enak. Pasti akan menyenangkan jika melakukan sesuatu yang menjadi hobi. Kita pasti tidak akan cepat bosan dan tidak mudah menyerah.

2. Terjunlah ke bidang yang Kita kuasai.Sebaiknya terjun di bidang yang kita kuasai. Kalau kita menguasai bidang jahit-menjahit, tidak ada salahnya kita terjun dibidang fashion. Coba renungkan, apa yang menjadi bakat atau keahlian Kita.

3. Miliki gagasan bisnis yang baik.Gagasan bisnis Kita harus memiliki fokus yang jelas, konkret, mudah dikerjakan, permodalan tidak terlalu memberatkan, dan segmen pasar jelas. Jangan memulai bisnis yang tidak jelas, kabur, dan rumit.

4. Buatlah bisnis yang unik.Kadang kalau melihat tetangga atau teman sukses dengan bisnis tertentu, orang cenderung ikut-ikutan terjun ke bisnis yang sama. Coba buat bidang bisnis lain yang unik, yang segmen pasarnya belum disentuh. Atau bisa saja Kita terjun ke pasar yang telah ada, tentu dengan penawaran produk lebih baik dan punya nilai tambah. Nilai tambah dan keunikan bisa menjadi perbedaan besar bagi usaha Kita.

5. Carilah mentor, mitra usaha dan komunitas yang terpecaya.Dalam bisnis, kita sangat memerlukan nasihat dan masukkkan terbaik dari orang yang sudah sukses dalam usahanya. Pengalaman, nasihat, triks, dan cerita suka duka dalam bebbisnib bisa memacu dan menyemangati kita. Pengetahuan manajemen, keuangan, pemasaran dan masalah teknis kita butuhkan dari mereka yang telah memiliki pengalaman terbang. Mentor, kemitraan, komunitas usaha atau asosiasi membuat Kita lebih kuat menghadapi tantangan dan masalah.

6. Mulailah berusaha dengan skala kecil.Jangan percaya kalau memulai dari sesuatu yang besar selalu lebih baik. Usaha yang sehat justru adalah usaha berskala kecil yang kemudian mengembang. Usaha berskala kecil juga jadi guru terbaik sebagai tempat belajar menangani masalah dari yang paling sederhana.

7. Buatlah list kerja.Setelah kita cocok dengan salah satu jenis usaha, segera buat buat jadwal kerja Kita beserta targetnya. Tempelkan di tempat yang paling sering dilalui sehingga terlihat. Beri tanda dan warna yang menarik perhatian. Jadwal kerja akan menjadi kompas pemandu untuk menjalankan usaha kita.

8. Selalu evaluasi diri. Secara teratur (seminggu sekali), cobalah bertanya pada diri sendiri, apakah Kita telah melakukan pekerjaan secara maksimal untuk kemajuan usaha? Apakah langkah-langkah Kita sudah benar? Kita harus jujur. Kalau merasa belum maksimal, segera bangkit dan bekerja lebih keras.

9. Yakinlah kita sukses.Yakinlah pada diri sendiri, bahwa Kita akan sukses. Dengan keyakinan seperti ini, semua masalah dan rintangan akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

So, apa lagi yang ditunggu? Action sekarang juga. Let’s to be entrepreneur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar