Minggu, 14 Agustus 2011

Gunung Karangetang Berstatus Siaga


SENIN, 08 AGUSTUS 2011 | 17:32 WIB
Besar Kecil Normal
Gunung Karangetang

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gunung Karangetang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Senin, 8 Agustus 2011, ditingkatkan statusnya dari waspada menjadi siaga. "Statusnya meningkat menjadi siaga pada 8 Agustus WITA," ujarnya dalam siaran persnya Senin, 8 Agustus 2011.

Radius bahayanya kini mencapai 2 kilometer. "Belum perlu ada pengungsian," ujar Sutopo. Soalnya, hingga batas 2 kilometer belum ada pemukiman penduduk.

Menurut Sutopo, Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Data menunjukkan sejak 1675 gunung itu sudah 40 kali memuntahkan lahar dan lava.

Pada letusan tahun 1997 tercatat tiga orang korban meninggal. Sementara pada letusan 4 Agustus 2010 terdapat empat orang hilang selama proses evakuasi.

Tahun ini, Karangetang juga sempat meletus pada 18 Maret 2011. Awan panas dan guguran lava telah merusak satu jembatan dan rumah warga.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana Geologi Surono mengatakan saat ini 18 gunung api dalam kondisi bahaya. Dua gunung berstatus Siaga yaitu Gunung Lokon (Sulawesi Utara) dan Gunung Ibu (Maluku Utara). Tapi kini sejak status Gunung Karangetang jadi siaga, maka kini total ada tiga gunung yang berstatus siaga. Adapun total gunung api di Indonesia ada 127 gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar